Efek Buruk Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa |Terbaru 2023
Game online kini bukan hanya menjadi hiburan bagi banyak orang, tetapi juga telah menjadi gaya hidup tersendiri, terutama di kalangan generasi muda. Mahasiswa, sebagai bagian dari kelompok ini, sering terpapar dengan berbagai jenis game online. Namun, apa dampaknya terhadap minat belajar mereka?
Daftar Isi
Beberapa efek buruk game online terhadap minat belajar mahasiswa
Berikut adalah beberapa efek buruk game online terhadap minat belajar mahasiswa :
Kurangnya Konsentrasi:
Terlalu banyak bermain game online bisa mengurangi kemampuan konsentrasi saat belajar. Kecanduan bermain game online bisa membuat pikiran seseorang tetap berfokus pada game tersebut, bahkan saat mereka sedang tidak bermain.
Kurangnya Waktu Belajar:
Mahasiswa yang terlalu sering bermain game online seringkali mengorbankan waktu belajarnya. Akibatnya, mereka memiliki sedikit waktu untuk mengulang pelajaran, mengerjakan tugas, atau melakukan kegiatan akademik lainnya.
Gangguan Pola Tidur:
Kecanduan game online dapat mengganggu pola tidur seseorang. Bermain game hingga larut malam dapat mengurangi jam tidur yang dibutuhkan untuk pemulihan tubuh dan otak.
Prioritas Terbalik:
Bagi mahasiswa yang sangat terikat dengan game online, prioritas utama mereka mungkin menjadi game tersebut, bukan studi. Hal ini dapat mengganggu kesuksesan akademik mereka.
Kurangnya Interaksi Sosial:
Walaupun game online memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan pemain lain, hal ini tidak bisa menggantikan interaksi sosial di dunia nyata. Kurangnya interaksi sosial nyata dapat menghambat pengembangan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial lainnya.
Dampak Psikologis:
Bermain game online dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus dapat menimbulkan dampak psikologis seperti stres, kecemasan, atau bahkan depresi, terutama jika seseorang mengalami kegagalan berulang dalam game atau menerima tekanan dari pemain lain.
Pengeluaran Finansial:
Banyak game online memiliki sistem pembelian dalam aplikasi yang bisa menghabiskan uang mahasiswa. Hal ini bisa mengalihkan uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan pendidikan atau keperluan lainnya.
Kurangnya Aktivitas Fisik:
Dengan menghabiskan banyak waktu bermain game, mahasiswa mungkin menjadi kurang aktif secara fisik, yang dapat berdampak pada kesehatan mereka.
Dalam rangka menghindari efek negatif dari game online, penting bagi mahasiswa STIA ALAZKA untuk memiliki keseimbangan antara waktu bermain dan waktu belajar, serta menyadari pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental. Selain itu, institusi pendidikan juga harus memahami fenomena ini dan mungkin menyediakan edukasi mengenai penggunaan teknologi dengan bijak.
Beberapa Karekteristik Game Yang Harus Mahasiswa Jauhi
Beberapa game mungkin dianggap kurang cocok untuk mahasiswa karena berbagai alasan, termasuk dampak negatif terhadap konsentrasi, produktivitas, kesehatan mental, atau bahkan isu-isu kontroversial yang mungkin terkait dengan konten game tersebut. Beberapa game yang mungkin perlu dijauhi oleh mahasiswa meliputi:
- Game dengan elemen judi nyata: Game-game yang menawarkan pembelian dalam aplikasi dengan unsur keberuntungan (misalnya loot boxes) bisa menjadi masalah, terutama jika mahasiswa menghabiskan banyak uang untuk hal tersebut.
- Game yang memerlukan komitmen waktu berlebihan: MMOs (Massively Multiplayer Online games) atau game online lainnya yang memerlukan waktu berjam-jam untuk grinding atau meningkatkan level dapat mengganggu produktivitas akademik.
- Game dengan konten yang sangat grafis atau eksplisit: Beberapa game mungkin memiliki konten yang sangat grafis, kekerasan, atau seksual yang mungkin tidak cocok bagi semua pemain.
- Game yang bisa menyebabkan ketagihan: Meskipun game kebanyakan aman untuk dimainkan dengan porsi yang seimbang, ada beberapa game yang dirancang sedemikian rupa sehingga mendorong pemain untuk terus kembali dan bermain. Ini bisa berdampak pada kualitas tidur, kesehatan fisik, dan fokus akademik.
- Game dengan komunitas yang toksik: Beberapa game memiliki komunitas pemain yang terkenal dengan perilaku buruk atau toksik. Berinteraksi dengan komunitas seperti itu dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosi mahasiswa.
Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu berbeda, dan apa yang mungkin merugikan bagi satu orang mungkin tidak bagi orang lain. Sebagai contoh, seseorang mungkin menemukan bahwa bermain game adalah cara yang efektif untuk rileks dan istirahat dari tekanan akademik. Yang terpenting adalah kesadaran diri dan keseimbangan; memahami kapan harus bermain dan kapan harus fokus pada kegiatan akademik dan kehidupan sosial lainnya.