10 Peluang Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menarik dan Gajinya!

Dear para calon mahasiswa bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan atau program studi administrasi bisnis. Di Indonesia, jurusan atau program studi semakin banyak diminati di tengah perkembangan bisnis era digital ini. Apalagi peluang dan prospek kerja administrasi bisnis masih sangat terbuka lebar dan beragam.

Prospek kerja administrasi bisnis yang beragam menjadikan jurusan ini banyak diincar calon mahasiswa di Indonesia, apalagi di kalangan para mahasiswa baru jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Tak hanya itu, program studi administrasi bisnis juga banyak diincar para pelajar di Indonesia mengingat sudah banyak universitas-universitas dan perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan atau peogram studi satu ini. 

Lulusan dengan gelar Sarjana Administrasi Bisnis (S.A.B) ini bisa bekerja di berbagai posisi penting di perusahaan. Apa saja sih?

Prospek kerja lulusan administrasi bisnis

10 Peluang Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menarik dan Gajinya

Wajar saja kalau kamu bingung saat lulus kuliah mau bekerja sebagai apa. Mungkin salah satu penyebab itu semua adalah pilihan karir yang terlalu banyak atau malah sedikit. 

Tapi tak perlu khawatir soal karir, sebab prospek kerja administrasi bisnis ini termasuk banyak. Ini dia daftar lowongan kerja jurusan administrasi bisnis:

1. Staf administrasi

Salah satu prospek kerja administrasi bisnis yang paling banyak dicari adalah staf administrasi perusahaan. Beberapa posisi staf administrasi di antaranya staf administrasi umum, perpajakan, dan gudang.

Tugas seorang staf administrasi di antaranya adalah merekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat berharga aset perusahaan.

Besarnya gaji yang bisa kamu dapat sebagai lulusan administrasi bisnis sebagai seorang staf administrasi berkisar antara Rp3 – Rp5 juta dan bisa meningkat sesuai pengalaman.

2. Manajemen perusahaan atau Manajer

Salah satu kompetensi yang dimiliki seorang lulusan administrasi bisnis adalah bidang manajemen dengan fokus kepemimpinan, pengadministrasian, dan pengarahan perusahaan.

Maka dari itu, seorang manajer harus mampu mengambil keputusan, pandai berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, memberikan saran, dan mengadakan pelatihan.

Kamu bisa melamar program management trainee (MT) untuk bisa menjadi manajer perusahaan. Program MT biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar. Gaji manajer biasanya dimulai dari Rp5 juta per bulannya.

3. Staf Sumber Daya Manusia (SDM)

Lulusan administrasi bisnis bisa menjadi staf sumber daya manusia di perusahaan atau human resource development (HRD). Para staf HRD ini bertanggung jawab dalam hal SDM seperti persiapan perekrutan pegawai baru dan memetakan serta menyaring SDM perusahaan.

Jika kamu lulusan administrasi bisnis dan berminat jadi staf HRD, kamu harus menguasai kompetensi seperti kerja sama tim, kemampuan komunikasi, hubungan dengan orang lain, dan mampu mengembangkan orang lain.

Staf HRD mendapatkan gaji yang bervariasi setiap bulannya yaitu antara Rp3 – Rp5 juta. 

4. Staf pemasaran

Lulusan administrasi bisnis mempunyai peluang yang sangat lebar untuk menjadi staf pemasaran di suatu perusahaan. Staf pemasaran bertugas meningkatkan penjualan produk barang atau jasa dengan melakukan promosi dan membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran.

Staf pemasaran sangat berpotensi untuk menjadi manajer dengan tugas melakukan wawancara, merekrut, dan mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan proyek.

Manajer pemasaran juga dituntut untuk mampu berpikir kreatif.

Di tengah tren internet marketing saat ini, staf pemasaran dituntut untuk kreatif agar bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata konsumen.

Staf pemasaran atau marketing yang memiliki pengalaman kurang dari 5 tahun mendapatkan gaji sekitar Rp3 juta per bulan. Berbeda dengan Staf marketing yang sudah berpengalaman, gaji mereka dimulai dari Rp5 juta perbulannya.

5. Entrepreneur atau pebisnis

Lulusan administrasi bisnis bisa memanfaatkan ilmu yang telah dipelajari saat kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran untuk diaplikasikan dalam membangun dan mengelola bisnis.

Sebagai entrepreneur, kamu dituntut menjadi kreatif dalam membuat ide bisnis sehingga mampu bersaing dengan usaha-usaha lain.

Selain itu, kamu harus gigih mengelola bisnis mengingat pasti akan banyak halangan dan rintangan ke depan.

6. Konsultan bisnis

Dengan menjadi konsultan bisnis, kamu akan dipercaya untuk memberikan nasihat kepada klien mengenai berbagai aspek bisnis tanpa memberikan kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan.

Konsultan bisnis terbagi menjadi dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma konsultan tersendiri.

Tahukah kamu berapa gaji seorang konsultan bisnis? Mereka mendapatkan gaji rata-rata perbulannya sekitar Rp5 juta.

7. Dosen

Untuk menjadi dosen, kamu harus menyelesaikan pendidikan S-2 atau S-3 dengan jurusan yang linear dengan ilmu administrasi bisnis.

Profesi ini sangat tepat buat kamu yang masih haus ilmu dan ingin membaginya kepada orang lain. 

Selain mengajar mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti yang biasanya diterbitkan menjadi karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal.

Pendapatan dosen administrasi bisnis bisa dibilang besar, karena pada dasarnya dosen memiliki gaji pokok Rp5 – Rp7 juta per bulan. Oh iya, perlu diketahui bahwa ada perbedaan gaji antara dosen negeri dan swasta.

8. PNS

Banyak formasi CPNS untuk lulusan administrasi bisnis, jadi kamu tidak perlu khawatir. Banyak keuntungan jika kamu menjadi PNS karena gaji yang stabil dan bisa terus meningkat serta tunjangan yang beragam. 

9. Guru

Lulusan administrasi bisnis bisa juga menjadi guru di SMK untuk jurusan akuntansi atau administrasi. 

Gaji yang bakal kamu dapatkan bisa mulai dari Rp3 juta per bulannya. Status pekerjaan, honorer atau swasta, juga memengaruhi besaran gaji yang diterima.

10. Pegawai Bank

Bekerja di bank masih jadi pilihan pekerjaan banyak orang sampai sekarang. Tidak hanya lulusan ekonomi atau perbankan saja, lulusan administrasi juga bisa berkarir menjadi pegawai bank dengan gaji mulai dari Rp5 – Rp 10 juta.

Pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki lulusan administrasi bisnis

peluang kerja administrasi bisnis

Dari daftar prospek kerja yang sudah disebutkan, berikut ringkasan keahlian yang setidaknya dimiliki oleh lulusan administrasi bisnis. 

Dengan kemampuan itu, bukan tidak mungkin, karir seorang lulusan administrasi bisnis bisa berkembang dan meningkatkan pendapatan.

  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir strategis
  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan negosiasi
  • Kemampuan mengelola organisasi
  • Pemahaman matematika
  • Kemampuan berpikir kreatif

Mata kuliah jurusan administrasi bisnis

Melihat peluang dan prospek kerja lulusan administrasi bisnis yang beragam, sebenarnya apa saja materi administrasi bisnis yang dipelajari saat di bangku kuliah?

  • Keuangan Bisnis
  • Sumber Daya Manusia
  • Operasi Bisnis
  • Teori Dan Perilaku Organisasi
  • Kewirausahaan
  • Ilmu Pemasaran
  • Perencanaan Pengembangan Bisnis
  • Teori Pengambilan Keputusan

Pertanyaan seputar prospek kerja administrasi bisnis

Lulusan Administrasi Bisnis bisa kerja apa?

Content Prospek kerja lulusan administrasi bisnis:

  • Staf administrasi
  • Manajemen perusahaan atau Manajer
  • Staf Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Staf pemasaran
  • Entrepreneur atau pebisnis
  • Konsultan bisnis
  • Dosen
  • PNS
  • Guru
  • Pegawai bank
Administrasi Bisnis gelarnya apa?

Program Studi / Jurusan dengan administrasi bergelar Sarjana Administrasi Bisnis (S.A.B).

Apakah lulusan administrasi bisnis bisa jadi PNS?

Banyak formasi CPNS untuk lulusan administrasi bisnis, jadi kamu tidak perlu khawatir. Banyak keuntungan jika kamu menjadi PNS karena gaji yang stabil dan bisa terus meningkat serta tunjangan yang beragam.

Semoga dengan informasi yang disampaikan, kamu sudah tidak bingung lagi tentang jurusan administrasi bisnis dan prospek kerja jurusan administrasi bisnis ya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.