25 Agu 2016

Berikut ini adalah 10 hal yang harus dihindari mahasiswa dikampus:


1. Merokok di sembarang tempat merupakan hal yang dapat merugikan diri sendiri bahkan orang di sekitarnya. Padahal, pihak kampus sudah memberikan tempat yang dibebaskan untuk merokok. Jadi, bagi mahasiswa perokok, merokoklah di tempat yang telah ditentukan. 
2. Berpakaian seronok, perbuatan ini bukan merupakan sikap yang harus dicontoh masyarakat dari mahasiswa tersebut. Sebagai mahasiswa yang dipandang positif oleh masyarakat seharusnya mahasiswa bisa memberi contoh terhadap masyarakat lewat penampilannya.

3. Memakai asesoris wanita bagi pria, hal ini jelas memberikan efek negatif terhadap mahasiswa tersebut. Efek negatif ini akan sangat berpengaruh terhadap penilaian masyarakat. Jadi, hindarilah hal-hal seperti ini sebagai mahasiswa yang berintelektual.

4. Membuang sampah sembarangan, hal ini jelas merugikan orang banyak. Memang, di setiap kampus telah ada petugas kebersihan, namun di sisi lain sebagai mahasiswa harus menunjukkan sikap peduli kebersihan. Jadi, buanglah sampah pada tempatnya.

5. Memakai sandal saat perkuliahan, hal ini jelas mengganggu keindahan saat proses belajar mengajar. Biasanya, tata tertib di setiap kampus telah diperingatkan agar memakai sepatu tertutup saat perkuliahan. Hal ini dikarenakan agar aura dari mahasiswa itu menunjukkan nilai yang patut dicontoh oleh masyarakat.

6. Melakukan prilaku atau perbuatan tercela, perbuatan ini jelas merugikan orang lain dan bukan merupakan perbuatan terpuji, serta tidak patut dicontoh. Sebagai mahasiswa, bersikaplah sopan dan santun dengan siapa saja, karena dengan ini manusia dapat menumbuhkan rasa saling perduli satu sama lainnya.

7. Bertindak anarkis, hal ini jelas bukan merupakan prilaku seorang mahasiswa yang patut dicontoh. Sebagai mahasiswa, seharusnya dapat menghindari hal-hal seperti itu, bahkan dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan sikap dingin. Jadi, apabila ada kesalahpahaman, selesaikanlah dengan sikap saling perduli terhadap sesama. Sehingga, tidak ada pihak yang dirugikan serta tidak menimbulkan tindakan anarkis.

8. Merusak keindahan kampus, tindakan ini jelas berlawanan arah dengan prilaku mahasiswa yang dianggap bisa meletakkan sesuatu pada tempatnya. Seharusnya, sebagai mahasiswa harus menyadari bahwa tanpa adanya kampus, kegiatan belajar mengajar takkan bisa dilaksanakan. Jadi, hindarilah hal-hal yang dapat merusak keindahan kampus.

9. Tidur di sekitar kampus, hal ini tidak mencerminkan mahasiswa yang beretika. Kampus bukan merupakan sarana buat tidur melainkan digunakan buat menimba ilmu. Jadi hindarilah hal-hal yang tidak perlu untuk dilakukan oleh mahasiswa.

10.Solidaritas yang disalahgunakan seperti menuliskan daftar hadir terhadap teman yang tidak mengikuti perkuliahan. Hal ini jelas merupakan sikap berbohong, sikap ini bertolakbelakang dengan lael mahasiswa yang dipercaya oleh masyarakat. Jadi, sebagai mahasiswa bersikaplah jujur dalam segala hal dan hindarilah hal-hal yang tidak perlu seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts